Kamis, 06 Agustus 2020

Bimbingan Karier One4One untuk Pelajar SMA sebelum Terjun ke Dunia Kerja

Penyelenggaraan program CSR One4One dari ASI Asia Pacific merupakan bentuk kontribusi perusahaan kepada publik dalam menghadapi masyarakat ekonomi global. Kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan ini berfokus pada pengembangan SDM dan pendidikan. Sedikit berbeda dari kebanyakan implementasi CSR, One4One dari ASI Asia Pacific ini diperuntukkan bagi siswa-siswi yang duduk di bangku SMA dan SMK dan sebentar lagi menjajal dunia kerja. Artinya para siswa-siswi ini akan diberikan bimbingan karier secara cuma-cuma.


Bimbingan Karier One4One untuk Pelajar SMA sebelum Terjun ke Dunia Kerja

Bimbingan Karier untuk Siswa Sekolah Menengah Atas dan/atau Kejuruan

Meski mengalami penurunan dari tahun ke tahun, angka pengangguran lulusan SMK di Indonesia masih menduduki posisi pertama. Mengutip Statistik Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia BPS periode Februari 2020, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) untuk lulusan SMK adalah sebesar 8,49%. Sedangkan posisi kedua diduduki oleh lulusan SMA dengan persentase sebesar 6,77%. Data ini menunjukkan betapa minimnya partisipasi orang dengan lulusan SMK dan SMA dalam dunia kerja.

Mengutip laman Katadata, faktor utama penyebab kondisi di atas adalah adanya ketidaksesuaian antara jumlah lulusan SMK dan jumlah industri yang membutuhkan mereka. Suplai tenaga kerja lulusan SMK terlalu banyak untuk permintaan yang ada di lapangan. Rendahnya tingkat pemahaman guru-guru terkait bidang ajarnya juga diyakini membuat kualitas lulusan SMK kurang menarik di mata perusahaan. Inilah yang ingin diatasi oleh program bimbingan karier One4One.

Lantas, bagaimana siswa-siswi SMA dan SMK dibimbing dalam kegiatan CSR ini?

Setiap siswa/i SMA dan SMK yang diikutsertakan dalam program CSR One4One akan mendapatkan asesmen bimbingan karier yang dapat menuntunnya untuk menentukan masa depannya sendiri. Paket asesmen ini meliputi pencarian minat dan bakat, motivasi finansial, potensi yang dimiliki, serta rekomendasi pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan setiap siswa/i.

Tidak hanya memberikan pekerjaan apa yang paling cocok untuk setiap siswa/i, bimbingan karier ini juga akan menyuplai informasi lengkap tentang seperti apa pekerjaan tersebut, mulai dari deskripsi, kompetensi yang dibutuhan, tanggung jawab yang dimiliki, serta minimum pendidikan yang dibutuhkan.

Sebagai program timbal balik untuk rakyat, bimbingan karier One4One ini semata ingin menolong siswa-siswi SMA dan SMK untuk melihat dan menentukan masa depannya, sesuai dengan modal yang ia miliki. Harapan jangka panjangnya semoga program ini berhasil menurunkan angka pengangguran lulusan SMA dan SMK.

Demikianlah ulasan tentang program bimbingan karier dari ASI Asia Pacific. Jika Anda ingin mengikutsertakan anak didik atau kenalan Anda dalam program ini, silakan hubungi One4One melalui situs resminya, ya. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!