Rabu, 18 Maret 2020

Mengapa Harga Properti Ruko Sangat Mustahil Untuk Tidak Melambung Tinggi


Mengapa harga properti khususnya ruko sangat mustahil untuk tidak melambung tinggi? Merupakan pertanyaan yang sangat menarik untuk kita ulas lebih jauh. Namun sebelum kita membahas lebih jauh mengenai alasan mengapa harga ruko dijual terbaru terus meningkat, sebaiknya terlebih dahulu kita mengenal apa itu properti.

Mengapa Harga Properti Ruko Sangat Mustahil Untuk Tidak Melambung Tinggi

Pengertian Properti
Properti merupakan harta berbentuk tanah dan gedung termasuk sarana dan prasarana yang menggambarkan elemen yang tidak pernah terpisahkan pada tanah dan gedung yang dimaksudkan. Secara singkat properti adalah sebutan untuk tanah beserta bangunan yang berdiri di atasnya. Harga properti tidak pernah kita dengan menurun, yang ada semakin lama malah semakin melambung tinggi.

Meningkatnya harga jual properti tentu saja membuat masyarakat yang tengah mencari properti menjadi kualahan untuk menyediakan budget. Mereka akan dilanda kebingungan antara apakah harus membeli atau menyewa properti. Membeli atau menyewa properti merupakan hal yang patut dijadikan pertimbangan. Sebaiknya jika anda memiliki budget yang cukup anda langsung saja membeli properti, tidak perlu terlalu mewah, cukup beli yang sesuai dengan budget anda. Meskipun harganya tinggi namun dengan membeli properti anda akan terbebas dari rasa kekhawatiran untuk membayar harga sewa setiap tahunnya.

Menyewa properti memang tidak membutuhkan biaya yang besar, hanya dengan membayar sedikit per bulannya anda dapat langsung menempati properti tersebut. Namun coba anda pikirkan, apakah anda dan keluarga anda akan nyaman jika terus-menerus menempati rumah sewaan dan tidak memiliki hunian tetap?. Tentu saja tidak bukan, setiap orang pasti memiliki impian untuk memiliki rumah milik pribadi untuk menghabiskan masa tuanya bersama keluarga. Kondisi inilah yang membuat orang rela mengeluarkan uang yang sangat tinggi demi memiliki aset properti pribadi.

Alasan Mengapa Harga Properti Terus Meningkat
Mepemiliki seseorang terhadap properti merupakan salah satu bentuk investasi jangka panjang yang sangat menjanjikan di masa modern saat ini. Bagaimana tidak meski kita harus mengeluarkan modal yang cukup tinggi untuk memiliki sebuah properti, namun di masa yang akan datang ketika kita menjual kembali properti tersebut dapat dipastikan jika harganya akan berlipat ganda terlebih jika properti yang kita miliki kita rawat dengan baik dan kita poles semenarik mungkin. Tidak hanya untuk ruko dijual anda juga dapat memanfaatkan properti yang ada untuk disewakan, dengan demikian anda dapat menguras keuntungan hingga modal awal anda untuk membeli properti tersebut dapat ditutupi kembali. Berikut adalah beberapa alasan  mengapa harga properti sangat mustahil untuk tidak melambung tinggi, yaitu :

1.   Ada permintaan, ada penawaran
Kedua faktor ini sangatlah berkaitan erat. Permintaan akan properti setiap tahunnya semakin meningkat, hal ini dikarenakan populasi penduduk kita yang terus bertambah. Tidak pandang bulu, baik itu dari kalangan elit maupun dari kalangan bawah sekalipun membutuhkan sebuah properti baik untuk dijadikan tempat tinggal maupun tempat usaha.

2.   Lahan semakin sedikit
Beruntunglah jika anda tinggal di kawasan yang belum banyak penduduknya, sehingga anda dapat dengan mudah menemukan lahan untuk membangun properti/rumah untuk tempat tinggal tetap anda dan keluarga tercinta. Namun apa jadinya jika anda tinggal di kota besar yang tingkat populasi penduduknya sangat tinggi?, tentu saja anda akan sangat kesulitan untuk menemukan lahan. Terlebih jika anda mengingikan properti di lokasi yang strategis, hal ini dapat dikatakan sangat mustahil. Konsidi dimana lahan semakin sedikit dan kebutuhan akan properti semakin meningkat inilah yang membuat mengapa harga properti sangat mustahil untuk tidak melambung tinggi.

3.   Laju inflasi yang terus meningkat
Inflasi merupakan alasan paling sering dilontarkan oleh para developer terkait harga properti yang kian lama kian melambung tinggi. Ya keadaan laju inflasi yang terus meningkat membuat para developer mau tidak mau juga harus menaikkan harga properti.

4.   Harga bahannya yang terus naik
Sudah menjadi pengetahuan yang umum jika harga bahan baku untuk membangun sebuah properti setiap tahunnya mengalami kenaikan. Baik itu pasir, semen, kayu, cat, batu bata dan bahan-bahan lainnya. Hal inilah yang membuat harga properti yang siap pakai tersebut juga ikut mengalami keaikan harga tiap tahunnya. Kenaikan harga bahan baku ini juga dipengaruhi oleh peningkatan inflasi. Ya, di saat laju inflasi meningkat, nilai mata uang menjadi melemah, dan harga segala bahan material meningkat.

5.   Pembangunan pesat di sekitar kawasan
Anda memiliki properti di kawasan yang tengah dilakukan pembangunan pusat perbelanjaan, sekolah, pasar, dan gedung-gedung lainnya? Maka anda harus bersyukur. Karena kondisi tersebut akan sangat menguntungkan anda karena dapat meningkatkan nilai jual properti anda.

6.   Peningkatan jumlah penduduk
Anda pasti sering mendengar program pemerintahan yang menyarankan dua anak lebih baik. Hal ini dilakukan pemerintahan bukanlah tanpa alasan. Mengingat pertumbuhan penduduk di negara tercinta kita ini terus meningkat setiap tahunnya. Dampak pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali ini membuat kebutuhan akan properti kian hari kian meningkat juga. Jika ditinjau dari peluang pasar kondisi ini sangatlah bagus bagi para pembisnis properti. Namun karena ketersediaan lahan yang semakin sulit didapatkan membuat para developer meningkatkan harga jual properti.

Jika anda bingung mengapa harga properti tidak sama halnya dengan harga barang elektronik, dimana semakin lama produk tersebut digunakan maka semakin turun pula nilai jualnya. Saya rasa pertanyaan anda tersebut telah terjawabkan setelah anda membaca alasan nyata yang telah disebutkan di atas yang membuat mengapa harga properti sangat mustahil untuk tidak melambung tinggi.