Minggu, 23 Februari 2020

Apa yang Harus Dilakukan Jika SIM Card Rusak?

Penggunaan smartphone atau disebut telepon pintar baru-baru ini dijadikan akses untuk berkomunikasi ataupun berbisnis. Setiap smartphone memiliki akses SIM card yang fungsinya sebagai modal berkmunikasi dan menyimpan beragam kontak. Karena itulah, metode mengaktifkan sim card  sudah pasti bisa dimengerti bagi setiap pemilik ponsel. Akan tetapi, bagaimana jika fungsi SIM card mengalami kerusakan ataupun gangguan?


Tidak sedikit pengguna ponsel pintar mengalami masalah umum seperti kerusakan SIM card. Penyebab dari kerusakan SIM Card ini seringkali muncul akibat terlalu panas di dalam suhu mesin ponsel. Sehingga chip di dalam SIM card tidak bisa bekerja maksimal dan timbullah kerusakan.

Apa yang Harus Dilakukan Jika SIM Card Rusak

Cara Mengatasi SIM Card Rusak
Ada beberapa tanda ketika SIM card mengalami kerusakan salah satunya tidak dapat menjangkau sinyal bahkan tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi. Maka dari itu, pengguna smartphone wajib tahu apa saja langkah-langkah ketika SIM card Anda mengalami kerusakan seperti berikut ini.

Lakukan Restart Berulang
Ketika SIM card ponsel mengalami kerusakan ataupun terjadi gangguan langkah pertama yang paling umum dilakukan adalah reboot. Melakukanrestart ulang di setiap ponsel yang SIM cardnya rusak memang jadi cara paling sederhana.

Cara melakukan restart pada smartphone sangat mudah dengan menekan dan tahan tombol daya sampai menu booting muncul. Pilih opsi restart ataupun mulai ulang, kemudian konfirmasi dengan menentukan opsi reboot pada layar ponsel. Tunggu sampai ponsel menyala kembali. Jika kondisi jaringan SIM card masih belun terkoneksi, lakukan kembali langkah ini berulang kali.

Pindak ke Mode Jaringan Otomatis
Satu solusi ketika mengaktifkan kartu SIM yang mengalami kerusakan bisa dipilih dengan pindah ke mode jaringan otomatis. Ketika performa SIM caard mengalami penurunan, maka proses untuk mencari jaringan jadi sulit. Oleh sebab itu dengan mengubah model jaringan otomatis akan selalu bisa diandalkan karena banyak pengguna ponsel berhasil mengaktifkan kembali SIM card setelah berpindah ke jaringan otomatis.

Langkah pertama buka menu pengaturan di ponsel Anda. Kemudian gulir ke bawah dan pilih opsi Kartu SIM. Pada menu Kartu SIM terdapat opsi SIM 1 ataupun SIM 2. Anda bisa pilih menu jenis jaringan dan pilihannya. Kemudian akan ada beberapa menu dan Anda bisa memilih opsi LTE/WCDMA/GSM untuk bisa mengembalikan jaringan kartu SIM.

Menguji Kartu SIM
Langkah berikutnya saat SIM card ponsel tidak bekerja maksimal yakni menggunakan uji kartu SIM. Biasanya kesalahan dalam peletakaan SIM card membuat performa jaringan tidak stabil. Maka dari itu metode untuk menguji jaringan ataupun kartu SIM sangatlah mudah.

Langkah pertama matikan ponsel dan buka penutup belakang smartphone. Lepaskan juga baterai dan cek bagian slot SIM card. Keluarkan SIM card dan lakukan pembersihan di dalam slot SIM card menggunakan kain kering ataupun sikat. Tujuannya untuk menghilangkan kotoran yang bisa menghambat performa SIM card dalam mencari jaringan.

Jika dirasa sudah benar dalam pembersihan bagian slot SIM card, maka langkah berikutnya cukup mengembalikan lagi posisi SIM card. Sebisa mungkin jangan beri tekanan berlebihan karena membuat performa SIM card tidak stabil.

Ketersediaan cara-cara untuk mengembalikan performa SIM card memang jadi aspek penting bagi siapa saja. Maka dari itu Anda harus bisa mencermati lagi seputar cara tepat agar performa SIM card bisa kembali normal. Kenali berbagai penyebab kenapa SIM card tidak bisa digunakan ataupun mati total. JIka masalah tidak terselesaikan dengan cara-cara di atas sebaiknya kunjungi gerai provider kartu SIM Anda.