Kamis, 28 November 2019

Pengertian dan faktor-faktor yang menyebabkan stroke iskemik


Stroke Iskemik adalah beku pada otak yang  umumnya terjadi pada saat pembuluh darah yang menyuplai darah ke bagian otak terhalang pada bekuan darah. Penderita dengan jenis ini mengalami pembekuan dalam otak  ketika pembuluh darah  mengalir untuk memasok darah ke otak bisa terjadi jika adanya  hambatan menuju otak. Penyakit tersebut mempunyai banyak kasus dan tergolong menjadi penyakit yang paling serius ditangani. Pembekuan darah diakibatkan  aterosklerosis, penumpukan lemak pada lapisan pembuluh darah.

Sebagian timbunan mampu menghentikan laju aliran darah. Terlihat serupa dengan gejala jantung pada saat gumpalan darah menghalangi aliran darah menuju jantung. Stroke tersebut mempunyai sifat embolik berarti pembekuan darah bisa berasal dari tempat lain di bagian tubuh penderita lalu pindah menuju ke otak. Pada umumnya jantung dan arteri di dada area atas serta leher. Fibrilasi atrial, sebuah keadaan yang membuat jantung penderita detakannya tidak teratur. Keadaan ini membuat gumpalan bisa mengendap di jantung dan menuju otak. Pembekuan darah yang disebabkan Stroke Iskemik tidak bisa hilang tanpa adanya pengobatan. Jadi untuk mendukung pengobatan itu juga perlu adanya data dari pemeriksaan bisa dilakukan dengan tes ataupun wawancara kepada penderita.

Pengertian dan faktor-faktor yang menyebabkan stroke iskemik

Faktor risiko yang menyebabkan Stroke Iskemik, antara lain :

1. Usia
Salah satu faktornya ialah usia yang memberikan penyakit saat usia mulai menua yakni setelah mendekati umur 55 tahun orang akan mudah terkena penyakit dalam.

2. Fibrilasi atrial, sebuah keadaan yang membuat jantung penderita detakannya tidak teratur. Keadaan ini membuat gumpalan bisa mengendap di jantung dan menuju otak. Pembekuan darah yang disebabkan Stroke Iskemik tidak bisa hilang tanpa adanya pengobatan. Jadi untuk mendukung pengobatan itu juga perlu adanya data dari pemeriksaan bisa dilakukan dengan tes ataupun wawancara kepada penderita.

3. Diabetes
Umumnya makanan manis tidak mungkin memberikan dampak buruk bagi kesehatan namun adanya pemberian gula berlebih juga menyebabkan dampak buruk bagi tubuh. Diabetes mulai dikenal dengan gejalanya dan pengaruhnya yang serius.

4. Pola makan
Banyak yang terjadi ketika tidak menjaga pola makan yang sering menjadi faktor pemicu yakni adanya kolesterol, natrium, gula yang menimbulakn diabetes atau lemak jenuh yang dibiarkan akan menjadikan masalah dalam kesehatan.

5. Kadar kolesterol
Kolestrol jahat yang tinggi atau kolesterol baik yang rendah, kini dampak yang menjadikan keduanya menjadi tidak seimbang bagi tubuh adanya pergerakan tinggi dan rendah juga kurang baik untuk kesehatan.

6. Tekanan darah tinggi
Seringnya penyebab darah tinggi mulai bermunculan dan menghasilkan banyak korban terus menerus, fakto penyebab darah tinggi mungkin terlalu banyak mengkosumsi daging kambing.

7. Riwayat serangan iskemik sesaat atau stroke ringan
Stroke ringan memiliki durasi serangan yang singkat dan dapat menghilang dalam beberapa menit akan tetapi gejalanya telahnya lekas pergi, penyakit ini tetap bahaya jika di niarkan kenapa membahayakan karena bisa menimbulkan kematian.

8. Obesitas atau kelebihan berat badan
Terlalu banyak lemak dalam tubuh yang menyebabkan penyakit mulai mengendap dengan lama

9. Gaya hidup tidak sehat
Gaya hidup yang tidak sehat membuat apapun yang terlihat nampak baik padahal aslinya belum

10.Merokok
Kondisi yang akan memperburuk jaringan otak dan paru-paru yang fungsinya sangat di butuhkan untuk menghirup oksigen. Merokok sangat sering di sebutkan namun beberapa orang masih lalai dan belum ada tindakan menghentikan kebiasaan tersebut maka stroke yang paling parah bisa mnyerang seperti Stroke Iskemik.

Referensi
klikdokter.com
hellosehat.com
alodokter.com
Referensi gambar
sites.google.com